Minggu, 09 Juni 2013

PENTINGNYA MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA

PENTINGNYA MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA


Generasi muda adalah generasi yang masih mementingkan kehendaknya sendiri tanpa memikirkan org lain, tpi tidak semua generasi muda yang mempunya watak seperti itu, banyak anak muda yang peduli dengan bumi ini. misalnya mereka peduli kebersihan di lingkungan masyarakat.
Pengertian sampah menurut Kamus Istilah Lingkungan , “Sampah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembikinan atau pemakaian barang rusak atau bercacat dalam pembikinan manufaktur atau materi berkelebihan atau ditolak atau buangan”.
Sedangkan kata Bapak Dr. Tandjung, M.Sc. , “Sampah adalah sesuatu yang tidak berguna lagi, dibuang oleh pemiliknya atau pemakai semula”.
Sampah terdiri dari berbagai macam diantaranya adalah :
  1. Sampah Organik
    Sampah Organik terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan atau yang lain. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam proses alami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik. Termasuk sampah organik, misalnya sampah dari dapur, sisa tepung, sayuran, kulit buah, dan daun.
  2. Sampah Anorganik
    Sampah Anorganik berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi, atau dari proses industri. Beberapa dari bahan ini tidak terdapat di alam seperti plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang sangat lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga, misalnya berupa botol, botol plastik, tas plastik, dan kaleng.
Dimasa kini dengan kemajuan teknologi banyak berdampak positive bagi masyarakat contohnya alat pendaur ulang sampah" organik maupun non organik, tetapi kesadaran masyarakat sendiri masih prihatin karenya mereka masih banyak yang buang sampah sembarangan di jalan, selokan, sungai, dll dimana mereka melihat tempat kosong maka mereka akan buang sampah disana. :)

Maka dari itu sangat dibutuhkan partisipasi generasi muda untuk meningkatkan kesadaran masyarakan akan pentingnya membuang smpah pada ditempatnya, jika buang sampah sembarangan maka akan terjadi banyak penyakit dan bencana seperti banjir. membuang sampah pada tempatnya dan mendaur ulang sampah" akan menyelamatkan nyawa bumi kita agar mengurangi polusi", bagi generasi muda dan tua dimohon kesadarannya akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan mendaur ulang sampah. :)


sumber >> http://ahdikrisna.blogspot.com/2012/01/pentingnya-membuang-sampah-pada.html

0 komentar:

Posting Komentar